Uji emisi Incinerator


Hari ini saya mendapat telepon dari calon costumer yang beberapa waktu lalu meminta surat dukungan untuk pengadaaan incinerator rumah sakit. Ini adalah telepon kedua kalinya yang menanyakan masalah yang sama. Beliau mengatakan, panitia pengadaan incineratornya meminta surat uji emisi.

Saya bisa merasakan alis saya terangkat. Saya menjelaskan padanya bagaimana bisa surat uji emisi dikeluarkan kalau incineratornya saja belum dibuat. Bagaimana bisa surat uji emisi dibuat kalau sampel-nya tidak ada, saya bilang lagi.  Dari ujung sana, dia menjawab lagi, bahwa panitia bersikeras surat uji emisi itu harus ada. Saya jawab lagi: Bapak, semisal ada dua incinerator spesifikasi sama, surat uji masing-masing akan berbeda. Ini bukan seperti surat keterangan merk, atau surat keterangan umum. Surat uji emisi untuk incinerator sama dengan surat bahwa incinerator tersebut telah mengalami pengujian kontrol kualitas udara dan residu. Perbedaannya, surat kontrol kualitas ini diminta ke badan independen seperti balai penelitian, pengawas lingkungan, yang punya peralatan dan kewenangan untuk melakukan pengujian, tandas saya


Jadi bagaimana kalau begitu, suara bapak "calon costumer" terdengar bingung di ujung sana. Saya menarik nafas, lalu mengatakan bahwa saya hanya bisa mengeluarkan copy surat uji emisi dari incinerator di tempat yang pernah dilakukan instalasi. Kalau panitia pengadaan incinerator bersikeras, sebenarnya copy dokumen yang saya berikan sama sekali tidak berarti.

Saya mendengarkan suaranya dengan lemas, mengiyakan pendapat saya dan meminta saya segera mengirim surat uji emisi.  Usai mengucap salam, telepon ditutup. Saya hampir tak habis pikir bagaimana bisa pengadaan incinerator bisa sekacau itu. Sejak awal tidak konsolidasi kah? Entah siapa yang mau disalahkan, tapi yang pasti seseorang yang memberikan informasi salah mengenai spesifikasi incinerator sejak awal. Wallahu Alam.

Saya kira untuk mengurangi hal-hal demikian, panitia pengadaan incinerator perlu lebih jeli lagi. Silahkan hubungi produsen seperti kami, meminta spesifikasi yang lebih jelas. Berikut ini kami share katalog incinerator yang kami produksi.

brosur incinerator sampah
Brosur Incinerator