Teknologi Incenerator


Sampah kini menjadi masalah serius terutama di kota-kota besar. Seiring dengan melajunya waktu dan berkembangnya penduduk, Naiknya volume sampah jauh melebihi kapasitas sarana dan prasarana Dinas Kebersihan Kota.

Banyaknya tumpukan sampah tidak hanya terjadi di Tempat Pembuangan Sementara (TPS),  bahkan di dekat permukiman penduduk. Penumpukan sampah ini berpeluang besar mencemari udara, air tanah. Selain itu menjadi sumber penyakit, menjadi tempat berkembang biak binatang maupun bakteri pembawa penyakit.

Sampah yang berhari-hari menumpuk dan membusuk di Tempat Penampungan Sampah Sementara, kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Puluhan truk pengangkut sampah melewati jalan umum, menebarkan bau tidak sedap dan punya kemungkinan  menyebarkan penyakit. Di TPA sampah juga hanya dibiarkan menumpuk, menggunung, mencemari udara, mencemari air tanah dalam skala lebih luas.

Banyak warga yang mencari jalan keluar sendiri dari permasalahan sampah ini dengan membakarnya, atau malah membuang sendiri ke sungai. Hal ini bukan solusi, malah menambah solusi baru dengan polusi udara dan mencemari sumber air sungai. Di masa masa tertentu pencemaran sungai, menjadi bencana banjir.

Sudah banyak solusi mulai diusahakan. Mulai dari pemisahan sampah, organik dan anorganik. Sampah organik mulai dimanfaatkan sebagai alternatif sumber hara bagi tanaman (menjadi pupuk kompos), dan bahkan menjadi sumber alternatif energi dalam bentuk biogas. Sedangkan untuk sampah anorganik, menjadi tantangan tersendiri karena hampir sulit sekali diurai. Sampah seperti plastik butuh 10.000 tahun supaya bisa terurai.

Salah satu teknologi alternatif telah dikembangkan untuk menangani permasalahan sampah anorganik dikenal dengan nama incinerator atau alat pembakaran sampah. Incenerator bekerja dengan cara membakar sampah dengan panas optimal sehingga membuat  proses pembakaran sempurna sehingga limbah menjadi abu yang lebih mudah diurai oleh lingkungan. 

Incenerator telah banyak digunakan di berbagai kota di Indonesia. Awalnya lebih banyak diimpor dari luar negeri. Permasalahan incenerator impor ini : mulai dari harga yang cukup tinggi, kesulitan perbaikan jika terjadi kerusakan, dan pengadaan spare part untuk perawatan, membuat incinerator hanya dimiliki beberapa lembaga saja. Setelah beberapa tahun, akhirnya Indonesia mampu membuat incinerator sendiri yang tidak kalah kualitasnya dengan incenerator impor. Teknovasi Sukses Mandiri ikut mengambil bagian dalam menyediakan teknologi incenerator yang berkualitas, hemat bahan bakar, efektif mengurangi polusi lingkungan, dan harga yang lebih terjangkau. 



Lalu bagaimana incenerator yang diproduksi oleh Teknovasi Sukses Mandiri ? 

Incenerator yang berkualitas tidak hanya didesain sebagai alat bakar semata. Dituntut hasil proses pembakaran limbah :
-polusi asap dari hasil pembakaran harus sesuai ketentuan pemerintah
-murah biaya operasinya, mudah digunakan
- dan tidak merusak lingkungan

Teknovasi Sukses Mandiri membuat Insenerator bertujuan untuk membantu masyarakat mengurangi volume sampah/limbah baik itu dari rumah tangga, industri, rumah sakit, termasuk sampah/limbah beracun, ignitable, korosif atau reaktif baik berbentuk plastik, padat serta untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang terdapat dalam sampah tersebut.

Cara Kerja Insinerator
Prinsip dari Insenerator yaitu menghancurkan sampah – sampah berbahaya dan beracun ataupun sampah – sampah infeksi, dengan suhu yang tinggi (Minimal 800 derajata celcius) sehingga sisanya dapat dibuang dengan aman ke tempat pembuangan sampah umum.


Insinerator ini memiliki ruang pembakaran (Chamber), tempat sampah dibakar. Pada Chamber terdapat saluran untuk mengalirkan bahan bakar juga dilengkapi saluran untuk mengalirkan udara dari blower, yang diperlukan pada proses pembakaran, pembakaran ini dilakukan pada chamber tertutup, untuk menghindari bahaya toksin maupun infeksi dari sampah yang akan dimusnahkan. Proses pembakaran ini memerlukan waktu yang bervariasi, tergantung jenis sampahnya serta volume sampah yang akan dimusnahkan. 


Jika anda membutuhkan informasi mengenai incenerator, silahkan hubungi:
Teknovasi Sukses Mandiri
Office & Workshop:
Jalan Brigjen Haji Saptadji Hadiprawira No. 86
Kelurahan Cilendek Barat, Kec. Bogor Barat
Kota Bogor- Jawa Barat
Telepon : 0251-8375989
E-mail : teknovasimandiri@gmail.com
            teknovasimandiri@yahoo.co.id
Website: www.teknovasimandiri.com